Jumat, 15 April 2011

Slate vs Salon : Perjuangan Kepemimpinan Majalah Online untuk Mendapatkan Pasar

  • Slate lebih berisi informasi-informasi dalam hal=hal politik, sedangkan salon lebih berisi informasi yang bersifat umum dan bervarisi, seperti pengetahuan-pengetahuan tentang buku, music, film, dll.
  • Sudah pasti konsumen slate dan slon berbeda, karena secara isi sudah sangat berbeda. Slate lebih mengarah pada hard news, sedangkan salon lebih mengarah pada soft news. Konsumen mereka pun sudah pasti berbeda, apabila konsumen slate adalah para pebisnis, politikus, aktivis atau lebih ditujukan kepada orang-orang yang mengikuti dan menyukai politik seperti bapak-bapak, maka konsumen salon adalah para wanita atau anak-anak muda yang lebih menyukai berita mengenai suatu gaya hidup ataupun tren yang bersifat ringan.
  • Karena majalah salon berisi akan pengetahuan-pengetahuan yang bersifat umu dan ada dalam kehidupan kita sehari-hari, tidak hanya dalam sebuah komunitas tertentu tetapi dalam ruang lingkup yang luas. Oleh karena itu para konsumen salon akan lebih pintar karena mendapatkan pengetahuan yang beragam dalam berbagai hal dalam ruang lingkup yang luas.
  • Menurut saya, apa yang digambarkan dalam pekerjaannya oleh Michael Kinsley tidaklah berlebihan, karena sebagai seorang editor majalah memang berfungsi membentuk karakter konsumennya dalam lingkungan yang dicakup melalui isi atau informasi yang disampaikan. Hal tersebut juga dapat dikatakan menciptakan lingkungan yang ada dalam area penerbitan majalah tersebut. Karakter masyarakat sebagain besar terbentuk dari lingkungannya yang juga merupakan peran dari apa yang mereka lihat, baca, dan temui.

0 komentar:

Posting Komentar